Sabtu, 18 Desember 2010

SAAT ITU SEMUA ORANG DI DUNIA INI MENJADI BAIK


Leukimia adalah suatu penyakit yang dikenal dengan adanya proliferasi neoplasitik dari sel-sel organ hemopoietik, yang terjadi sebagai akibat mutasi somatik sel bakal (stem cell) yang akan membentuk suatu klon sel leukimia. Penyakit kanker darah (leukimia) menduduki peringkat tertinggi kanker pada anak. Namun, penanganan kanker pada anak di Indonesia masih lambat. Itulah sebabnya lebih dari 60% anak penderita kanker yang ditangani secara medis sudah memasuki stadium lanjut.( http://jundul.wordpress.com/2008/07/30/seluk-beluk-leukimia/),
Leukemia akut ditandai dengan suatu perjalanan penyakit yang sangat cepat, mematikan, dan memburuk. Apabila hal ini tidak segera diobati, maka dapat menyebabkan kematian dalam hitungan minggu hingga hari. Sedangkan leukemia kronis memiliki perjalanan penyakit yang tidak begitu cepat sehingga memiliki harapan hidup yang lebih lama, hingga lebih dari 1 tahun. (http://www.infopenyakit.com/2008/01/penyakit-leukemia-kanker-darah.html).
Dari uraian di atas tersebut, berikut ini ada beberapa pernyataan dari 5 orang yang menderita leukemia dan di diagnose memiliki harapan hidup < 1 Tahun. Mereka menuturkan banyak hal hingga akhirnya saya simpulkan menjadi satu tema yaitu keinginan terakhir yang ingin diwujudkan sbb :
1.A.Q : Aku mau minta maaf sama semua orang yang pernah ku sakiti,terutama mama yang selalu ku buat repot karena manja dan sifat kekanak kanakanku. Selama SMA ku hanya sibuk gonta ganti pacar tanpa memperdulikan nasehat baik mamaku. Jadi aku ingin sekali membahagiakannya dengan memberikan ijazah S1 q untuk membanggakannya. Tapi apa boleh buat saat ini saja aku sudah terbaring lemah di atas kasur.
2. E.H : Aku ingin bisa lebih rajin sholat, aku tahut mati…..aku takut neraka.aku mau berbuat baik pada semua orang.Aku mau jadi ibu yang baik untuk anak – anakku.Dulu aku tak memberikan asi ku untuk 3 anakku.Aku tidak pernah mau merepotkan diri untuk merawatnya sendiri.Sehingga sekarang suami ku menikah dengan pengasuh anakku dan anakku semuanya memiliki IQ di bawah 100 yang kini juga menyalahkan ku atas keadaan mereka. Aku sekarang sendiri berjuang dalam maut. Ampuni aku ya Tuhan.
3.F : Dulu aku orang yang sangat mandiri,dari kecil hingga di kampus siapa sih yang tidak kenal aku. Tapi karena kesombonganku sendiri kini aku bingung mencari jati diri ku sendiri.Aku bangga diantara teman Kuliahku, aku tergolong berwajah canti, punya kekuasaan hamper di semua organisasi besar di kampus,,,bahkan suamiku sendiri salah satu orang penting di organisasi yang di anggap ugal ugalan tersebut.Hingga akhirnya aku merasa tidak punya teman dekat lagi.Semua menjauhiku karena sikapku sendiri. Suamikupun menceraikanku karena tak mendapat anak dari ku.Aku mau masa kuliahku indah lagi, aku mau temanku lagi. Aku mau semua orang ramah padaku lagi.Aku mau baik pada semua orang supaya aku mudah melewati mautku nanti.
4.Y.C : Aku mau mengembalikan hati banyak wanita yang pernah ku curi. Dulu aku sangat bangga pada diriku sendiri karena dalam satu kampus aku bisa memacari wanita di setiap angkatan.Haha…bahagianya aku…apalagi mereka semua mau – mau saja jika aku beri boneka yang melambangkan julukanku yaitu teddy bear si manis jembatan Mahakam.aku selalu bilang percayalah padaku dan aku sangat serius padamu baby. Padahal di hatiku yang paling dalam aku juga bingung dengan ucapanku sendiri. Apakah aku berbohong lagi untuk yang kesekian kali…tapi saat mereka merasa tersakiti dan sadar akan sikap jahat ku pada mereka. Akupun dapat berkilah dengan membawa – bawa takdir tuhanlah, cinta itu fitrahlah, bisa dating pada siapa sajalah….intinya aku ga mau disalahkan. Hingga akhirnya aku benar – benar menyukai seseorang wanita yang tak lain sahabat mantanku sendiri karena dia beda. Dari awal justru dialah yang mengumumkan pada semua orang bahwa aku ini playboy. Tapi mungkin ini senjata makan tuan. Dia tak mau padaku……….aku sakit…..maafkan aku…..
5.H : Dulu aku pernah berselisih paham pada seorang teman wanita di kampus karena satu organisasi. Hingga akhirnya aku tak tau kenapa aku begitu keras dan tegas karena pacarku memang suka mengdikte ku. Akupun selalu menuruti kata – kata pacarku itu. Maklum untuk mendapatkan pacarku itu memerlukan waktu 5 semester. Hingga akhirnya dia menerimaku karena dia bilang aku cool dibandingkan mantan – mantannya yang terdahulu. Dia cantik, tentu buatku. Hingga akhirnya selama  3 semester kami pacaran banyak teman – teman yang complain akan sikap ku yang tak konsisten karena mencampu adukan antara organisasi dengan hubungan pribadi hingga akhirnya teman ( panggil saja di Jasmine ) yang kupercaya dalam segala hal di organisasi yang kami bangun bersama, ku keluarkan dari organisasi tersebut karena saran pacarku. Awalnya aku melihat jasmine jarang sekali muncul tiap ada acara rapat ataupun kegiatan organisasi kami hingga akhirnya aku merasa sulit menghubunginya. Aku merasa jasmine selalu menghindar dan tak peduli pada organisasi kami dan aku marah pada sikapnya, hingga saat ini aku menncarinya tapi tak bertemu lagi. Hari ini baru aku dengar kabar kalau dia sudah bekerja menjadi tangan kanan manajer di RS swasta XX. Ternyata di bersikap begitu karena mantanku yang dulu selalu mencmburuinya hingga bersikap tak baik padanya,Lagipula dia seorang anak yatim piatu yang sangat keras berjuang mempertahankan hidupnya untuk membiayai kuliahnya. Maka dia juga suka sakit sakitan. Tidak mobile karena dia tak bisa membawa motor sendiri akibat kecelakaan yang pernah di alami saat di SMa sehingga trauma itu membuatnya tak sanggup mencoba lagi. makanya dia memilih untuk menjauhiku daripada diganggu mantanku. Tapi aku jahat sekali mengeluarkannya tanpa memberiytahunya,aku bahkan sengaja ingin mempermalukannya ketika dia dating dalam acara organisasi kami dan aku bilang di depan semua orang baut apa kamu disini, kan kamu bukan anggota kami lag, aku sungguh tidak menganggapnya hingga ku cuekin dia dan kukeluarkan dia dalam daftar nama teman baikku. Hingga kini aku dan leukimiaku ini inginnya ku minta maafnya. Walaupun ku tahu dia bisa memberikan apa saja lebih dari sekedar maaf. Tapi aku malu Jasmine. Aku harap kamu dating ke pemakamanku kelak dan mendokan ku supaya Allah tidak menghukumku atas perbuatan jahatku karena aku sudah menzolimi seorang yatim sepertimu. Maaf……

Semua pernyataan itu membuatku haru, mungkin kamu juga begitu kan.
Kalau dengan adanya penyakit berat itu dapat merubah orang menjadi baik maka rasanya ingin sekali aku meminta pada-Nya supaya semua orang di dunia ini mendapat penyakit itu supaya semuanya menjadi orang baik bahkan sangat baik…..saling menghormati, menghargai, tidak ada perang, tidak ada dendam, inginnya ku memintanya damai tanpa musuh tanpa curang tanpa dendam………………




Tidak ada komentar:

Posting Komentar